RESUME MATERI 1 'Unusa Dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka'

 

Judul materi : Unusa dlm implementasi merdeka belajar kampus merdeka

Pemateri : Prof. Kacung Marijan, Drs., M.A. Phd. Dan Naufal Ilham Saputra

Prof. Kacung Marijan, Drs., M.A. Phd adalah wakil Rektor 1 UNUSA yg merupakan lulusan S1 Universitas Airlangga, S2 Flinders University Of South Australia, S3 The Australian National University. Sedangkan disampingnya terdapat mahasiswa berprestasi UNUSA yang bernama Naufal Ilham Saputra. Yang mengikuti ajang perlombaan baik nasional maupun internasional.

Isi materi dari Prof Kacung Marijan berisi tentang latar belakang Unusa mengenai visi misi, tahun berdiri, dan prestasi yang dicapai selama ini.

Unusa diperkirakan bisa menjadi salah satu yang terbaik di ASEAN pada tahun 2031. Hal itu ditampilkan melalui milestone UNUSA dibawah ini.


Diharapkan milestone UNUSA tersebut tercapai atas peran bersama terutama ke aktifan mahasiswa untuk menggali potensi dilapangan dan mengembangkan potensi tsb. Beliau juga mengatakan bahwa orang yang berhasil adalah orang yang paham akan potensinya dan mau mengembangkan potensi tsb untuk di amalkan ke masyarakat. Mahasiswa UNUSA dapat belajar ditempat lain, tidak hanya di UNUSA saja. Karena belajar dibanyak tempat dapat membantu membentuk karakter. 

Beliau kembali mengatakan bahwa program pertukaran pelajar di UNUSA sudah diadakan jauh sebelum menteri pendidikan menyetujui kebijakan mengenai pertukaran pelajar. Program pertukaran pelajar dibagi 2 yaitu program untuk vokasi dan sarjana, dan di UNUSA sendiri setiap jurusan bisa mengikuti pertukaran pelajar.

Skill yang yg harus dimiliki mahasiswa :

1.       Kemampuam berpikir kritis

2.       Kreatifitas

3.       Kolaborasi

Tugas akhir untuk perkuliahan di UNUSA tidak hanya skrispi. Namun salah satunya skripsi, skripsi digunakan bagi mahasiswa yang kedepan-nya ingin berkerja di ruang lingkup akademik. Skripsi di UNUSA sejak dahulu dibuat dengan bentuk kolaborasi atas masalah secara bersama. Karena dengan kolaborasi, skripsi tsb akan memiliki pola pikir yg lebih kritis. Di UNUSA ada 20 prodi dan 33 profesi. Diharapkan mahasiswa minimal memiliki 1 sertifikat profesi selama berkuliah, dan hal itu tidak dipungut biaya.

Di sesi kedua materi, mahasiswa bernama Naufal itu pun memberi sharing-sharing singkat kepada kami selaku mahasiswa baru. Naufal berserita bahwa saat sma dia adalah pelajar yg pasif yang hanya mengikuti ekstrakurikuler futsal. Diapun mulai merubah hal itu ditahap perkuliahan, dan dia tidak menyangkah bisa berada diposisi sekarang, yang memiliki berbagai macam pengalaman.

Baginya life mapping adalah awal yg penting, karena dengan hal itu ia memiliki tujuan untuk kedepannya. Awal mulanya dia mulai memberanikan diri mengikuti organisasi dan lomba-lomba. Naufal menciptakan kacamata miopi dalam perlombaan Pimnas 35. Dari perlombaan itulah peluang lain mulai muncul untuk Naufal. Dia dipilih menjadi delegasi mewakili UNUSA ke Jepang.

WEB : UNUSA

Lihat juga blog teman saya : Octha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW MATERI 13 'Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di Unusa '

REVIEW 15 'UCC'

REVIEW MATERI 11 'Mahasiswa unusa Dalam generasi Aswaja An-Nahdliyah'