REVIEW MATERI 12 'Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas'

Judul : Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas  

Pemateri : Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd (MKRI) & Bapak Mukarim

Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd (MKRI) merupakan anggota DPR RI dengan masa jabatan yang berakhir pada tahun 2024. 

Di awal materi ibu Ema pamit tidak bisa melanjutkan materi dijarenakan ada suatu kepentingan lain sehingga digabtikan okeh Bapak Mukarim.

Negara bisa bubar kapanpun, oleh karena itu diperlukan fondasi kokoh untuk menyongsong Indonesia emas pada tahun 2045 kelak. Dan fondasi di Indonesia adalah Pancasila. 

Modal Indonesia untuk menyongsong Indonesia emas adalah kondisi demografis Indonesia, dimana pada usia 15-64 tahun masih produktif. Sedangkan untuk tantangannya adalah, masuknya paham radikalisme.

Hal yang harus dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan cara menggali kembali makna-makna dalam pancasila sebagai pondasi dan semangat awal menuju Indonesia Emas.

Manusia memiliki fungsi monodualistis, tidak hanya mengejar kepentingan dunia tetapi mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak.

Oleh sebab itulah pembangunan nasional hendaklah menwujudkan tujuan tersebut.

Keberhasilan manusia mencapai tujuan dan hakekat hidupnya untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin maka manusia menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).


Web : UNUSA

Lihat juga blog teman saya : Octha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW MATERI 13 'Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di Unusa '

REVIEW 15 'UCC'

REVIEW MATERI 11 'Mahasiswa unusa Dalam generasi Aswaja An-Nahdliyah'